1.
Apa itu sistem cerdas, uraikan sejarah singkat
sistem cerdas
Tahun 1950 – an Alan Turing,
seorang pionir AI dan ahli matematika Inggris melakukan percobaan Turing (Turing
Test) yaitu sebuah komputer melalui terminalnya ditempatkan pada jarak
jauh. Di ujung yang satu ada terminal dengan software AI dan diujung lain ada
sebuah terminal dengan seorang operator. Operator itu tidak mengetahui kalau di
ujung terminal lain dipasang software AI.
Mereka berkomunikasi dimana terminal di
ujung memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan oleh
operator. Dan sang operator itu mengira bahwa ia sedang berkomunikasi dengan
operator lainnya yang berada pada terminal lain. Turing beranggapan bahwa jika
mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan
orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tersebut cerdas (seperti layaknya
manusia).
Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) ialah membuat mesin bekerja seperti manusia.
Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) ialah membuat mesin bekerja seperti manusia.
2.
Jelaskan contoh teknologi sistem cerdas, min 2
·
Game playing (permainan game)
merupakan bidang
AI yang sangat populer berupa permainan antara manusia melawan mesin yang
mempunyai intelektual untuk berpikir. Bermain dengan komputer memang menarik,
bahkan sampai melupkan tugas utama yang lebih penting. Komputer dapat beraksi dan
menjawab tindakan-tindakan yang diberikan oleh lawan mainnya.
·
General problem solving
Bidang AI ini berhubungan dengan pemecahan masalah terhadap suatu situasi
yang akan diselesaikan oleh komputer. Permasalahn yang diungkapkan dalam suatu
cara yang sedemikian rupa sehingga komputer dapat mengertinya. Semua deskripsi-deskripsi
yang diinginkan juga diberikan kepada komputer. Biasanya permasalahan tersebut
dapat diselesaikan secara trial and error sampai solusi yang diinginkan
didapatkan
Suatu program paket yang cukup populer di kompter mikro untuk pemecahanan
masalah secara trial and error adalah EUREKA yang ditulis oleh Borland
·
Natural Language recognition
Studi mengenai AI mencoba supaya komputer dapat mengerti bahasa alamiah
yang diketikkan lewat keyboard. Bahasa alamiah (natural language), LISP,
INTERLISP, SAIL, PLANNER, KRL, dan PROLOG. Bidang AI ini masih sangat sulit dan
belum dapat sempurna penerapannya. Misalnya pernyataan sebagai berikut.
“amir menjatuhkan gelas ke lantai sehingga pecah”
Dan pernyataan kedua :
“amir menjatuhkan batu ke kaca sehingga pecah”
Kedua pernyataan tersebut mempunyai grammar yang sama, tetapi pernyataan
yang pertama yang pecah adalah gelasnya (obyek yang pertama) dan pernyataaan
kedua yang pecah adalah kacanya (obyek kedua). Dapatkah komputer menjawab
dengan tepat pertanyaan “apa yg pecah?” . bila bidang ini berhasil dengan baik,
maka penggunaan komputer untuk para pemakai (user) akan lebih mudah.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar