1.
Dimensi Struktur Organisasi
Ada enam elemen
yang perlu diperhatikan oleh para manajer ketika akan mendesain struktur
organisasi. Ke-enam elemen tersebut meliputi (Robbins, 2007) :
1. Spesialisasi
Pekerjaan adalah sejauh mana tugas-tugas dalam organisasi dibagi-bagi ke dalam
beberapa pekerjaan tersendiri
2.
Departementalisasi adalah dasar yang dipakai untuk mengelompokkan pekerjaan
secara bersama-sama
3. Rantai komando
adalah garis wewenang yang tanpa putus yang membentang dari puncak organisasi
ke unit terbawah dan menjelaskan siapa yang bertanggung jawab kepada siapa.
Wewenang sendiri merupakan hak yang melekat dalam sebuah posisi manajerial
untuk memberikan perintah dan untuk berharap bahwa perintahnya tersebut
dipatuhi
4.Rentang Kendali
adalah jumlah bawahan yang dapat diarahkan oleh seorang manajer secara efisien
dan efektif
5. Sentralisasi –
Desentralisasi. Sentralisasi adalah sejauh mana tingkat pengambilan keputusan
terkonsentrasi pada satu titik di dalam organisasi
6. Formalisasi
adalah sejauh mana pekerjaan pekerjaan di dalam organisasi dilakukan